Perbedaan Bootstrapping dengan Venture Capital

Berikut Perbedaan Bootstrapping dengan Venture Capital

Perbedaan antara bootstrap dan modal ventura adalah pertimbangan yang sering dipikirkan oleh pengusaha yang ingin mewujudkan impian memulai bisnis. Ada banyak cara yang biasanya digunakan pengusaha dan biasanya menggunakan bootstrap atau modal ventura.

Bootstrapping mengacu pada upaya seorang pengusaha untuk memulai bisnis menggunakan aset mereka sendiri sebagai sumber modal. Sedangkan modal ventura sendiri adalah modal yang disediakan untuk startup dan usaha kecil yang ingin tumbuh. Jadi apa perbedaan antara bootstrap atau modal ventura itu sendiri?

Bootstrap vs. Modal usaha

Menurut definisi, bootstrap adalah cara untuk membiayai bisnis baru menggunakan keuntungan dari investasi Anda sendiri atau dari pendiri untuk mendirikan perusahaan. Metode ini menentang penggunaan modal eksternal.

Jadi bagaimana cara kerja bootstrap? Pengusaha umumnya mengajukan pinjaman komersial dari bank komersial atau mencari dana dari investor independen. Misalnya, seseorang yang memulai bisnis menggunakan 100 juta uang mereka sendiri sedang bootstrap.

Dalam transaksi dengan leverage tinggi, investor mengambil pinjaman untuk membeli bunga di perusahaan. Investor menggunakan aset perusahaan yang akan mereka beli sebagai jaminan untuk pinjaman.

Bootstrapping membebaskan pengusaha dari keharusan membayar bunga pinjaman atau berbagi pendapatan potensial dengan investor lain. Namun, bisnis itu mengandung risiko yang signifikan. Ketika dana pribadi digunakan untuk membiayai bisnis baru, orang tersebut tidak hanya kehilangan waktu yang diinvestasikan tetapi juga uang mereka sendiri.

Memulai transaksi leverage sangat berisiko karena calon investor menggunakan aset perusahaan untuk melunasi pinjaman mereka. Nah, perbedaan antara bootstrap dan modal ventura dapat dilihat pada manfaatnya. Keuntungan dari bootstrap adalah:

  • kebebasan

Salah satu keuntungan utama dari bootstrap adalah tidak mengurangi kepemilikan perusahaan Anda.

Baca juga : Pengertian Akuntansi

  • Fokus pada produk dan pelanggan.

Para pendiri startup bootstrap dapat menghabiskan 100% waktunya untuk menciptakan produk hebat yang disukai pelanggan dan membangun bisnis itu sendiri tanpa harus bernegosiasi dengan investor.

  • Mudah dioperasikan

Saat ini, biaya untuk memulai bisnis relatif rendah (tergantung pada industrinya, tentu saja). Membangun bisnis yang sukses sekarang lebih tergantung pada inovasi, disiplin, dan manajemen yang cakap daripada memiliki banyak uang untuk diinvestasikan. Jika Anda memiliki dana 10 juta, itu sudah cukup untuk memulai bisnis dengan domain belanja dan server web.

Sedangkan Venture Capital (VC) adalah dana investasi yang mengelola uang investor yang mencari ekuitas swasta di perusahaan baru dan UKM dengan potensi pertumbuhan yang kuat. Investasi biasanya berisiko tinggi tetapi dengan pengembalian tinggi. Perlunya pembayaran adalah apa yang membuatnya menjadi bentuk pembiayaan yang mahal dan terperinci.

Pembiayaan modal ventura adalah pilihan yang baik jika bisnis Anda masih dalam tahap konsep dan memiliki persyaratan modal awal yang tinggi. Misalnya, TI baru dan produk berbasis teknologi adalah kasus yang paling umum di mana nilai tidak terbukti. Ini menjelaskan mengapa pembiayaan modal ventura lebih luas di bidang teknologi dan bioteknologi yang berkembang pesat.

Keuntungan VC adalah:

  • Pertumbuhan lebih cepat

Tujuan utama VC setelah berinvestasi dalam startup adalah untuk membuatnya tumbuh secepat mungkin sehingga mereka dapat mendapatkan kembali investasi mereka dalam waktu singkat.

  • Dapatkan bantuan ahli

VC cenderung memiliki banyak kontak yang dapat mengarah pada staf baru, kemitraan bermanfaat, dan lebih banyak klien, di antara manfaat lainnya. Saat memulai, Anda harus memercayai kontak dan jaringan Anda sendiri, yang terkadang tidak cukup.

  • Kurang risiko pribadi

Bootstrapping melibatkan risiko kehilangan semua uang yang Anda investasikan. Tetapi jika Anda menggunakan VC, risiko kehilangan tidak akan menghantui Anda.

Bingung ketika membaca perbedaan antara bootstrap dan modal ventura? Jangan bingung! Anda dapat menghitung perhitungan untung dan rugi dengan bantuan software keuangan finata.id yang akan membantu Anda memikirkan masa depan strategi pengembangan bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *